YOUR TIME IS RUNNING OUT....

Saturday, July 7, 2007

7 LANGKAH MENUJU KEBIASAAN BARU :

1. BUATLAH KEPUTUSAN
Putuskan dengan jelas bahwa anda akan mulai bertindak dengan cara yang spesifik 100 persen setiap saat. Contohnya jika anda memutuskan untuk bangun lebih pagi dan berolahraga setiap pagi, pasanglah jam anda untuk berbunyi pada waktu tertentu, ketika alarm berbunyi, bangunlah segera, kenakan pakaian olahraga anda dan mulailah sesi olahraga anda.

2. JANGAN MEMBIARKAN ADANYA PENGECUALIAN
Jangan membuat pengecualian terhadap pola kebiasaan baru anda selama tahap pembentukan. Jangan membuat alasan atau merasionalkan. Jangan biarkan diri anda lepas dari ikatan. Jika anda berniat untuk bangun pada jam 6 setiap pagi, disiplinkan diri anda untuk bangun pada jam 6 pagi, setiap hari sampai hal ini menjadi otomatis.

3.SAMPAIKAN PADA YANG LAIN
Beritahu orang lain di sekitar Anda bahwa anda akan mulai melatih perilaku tertentu. Adalah mengagumkan melihat anda menjadi disiplin dan tekun ketika anda tahu bahwa orang lain memerhatikan anda untuk melihat apakah anda memiliki kemauan kuat untuk mengikuti resolusi anda.

4. VISUALISASIKAN DIRI ANDA SENDIRI
Dalam mata pikiran anda, lihatlah diri anda melakukan atau berperilaku dengan cara tertentu dalam situasi tertentu. Semakin sering anda memvisualisasikan dan membayangkan tindakan anda seolah-olah anda sudah memiliki kebiasaan tersebut, semakin cepat kebiasaan baru ini akan diterima oleh alam bawah sadar anda dan menjadi otomatis.

5. CIPTAKAN AFIRMASI
Ulangi afirmasi lagi dan sekali lagi kepada diri anda sendiri. Pengulangan ini secara dramatis meningkatkan kecepatan anda dalam mengembangkan kebiasaan baru. Contohnya, anda dapat mengatakan sesuatu seperti : “:Saya bangun dan segera bangkit pada jam 6 pagi setiap hari1!” Ulangi kata-kata ini sebelum anda tertidur. Seringkali anda secara otomatis akan bangun beberapa menit sebelum alarm berbunyi, dan segerta anda tidak memerlukan jam alarm lagi.

6. TEKAD UNTUK BERTAHAN
Tetaplah berlatih perilaku yang baru sampai perilaku tersebut menjadi otomatis dan mudah, sehingga anda merasa benar-benar tidak nyaman jika anda tidak melakukan apa yang telah anda putuskan untuk dilakukan

7. BERI HADIAH PADA DIRI ANDA SENDIRI
Hal yang paling penting, berikan diri anda sesuatu yang istimewa setelah mempraktekkan perilaku yang baru. Setiap kali anda menghadiahi diri sendiri, anda menegaskan dan menguatkan kembali perilaku tersebut. Dengan segera anda mulai terhubung, pada tingkat yang tidak disadari, dengan kesenangan memberi hadiah tehadap perilaku. Anda menyusun bidang kekuatan anda sendiri dalam konsekuensi positif yang secara tidak disadari diharapkan menjadi hasil dari perilaku atau kebiasaan yang telah anda putuskan

No comments: