YOUR TIME IS RUNNING OUT....

Saturday, July 7, 2007

7 LANGKAH UNTUK MENYUSUN TUJUAN :

  1. Putuskan dengan pasti apa yang anda inginkan dalam satu bidang spesifik dan tuliskanlah hal itu dengan jelas dan detail. Buatlah hal itu terukur dan spesifik.
  1. Susun batas waktu untuk setiap pencapaian tujuan. Jika itu adalah tujuan yang besar, buatlah itu menjadi bagian-bagian kecil dan susun batas waktu untuk setiap bagian.
  1. Buatlah daftar dari segala sesuatu yang seharusnya anda lakukan untuk mencapai tujuan ini. Ketika anda terpikir akan item baru, tambahkan item tersebut ke dalam daftar hingga anda lengkap.
  1. Aturlah langkah-langkah dalam daftar tindakan anda ke dalam suatu rencana. Rencana diatur berdasarkan dua elemen, prioritas dan urutan. Dalam mengatur berdasarkan prioritas, anda tentukan hal yang paling penting dalam daftar anda yang mungkin dapat dilakukan untuk mencapai tujuan anda. Aturan 80/20 menerapkan : 20 persen dari segala sesuatu yang anda lakukan akan memengaruhi 80 persen dari hasil anda. Jika anda tidak meyusun prioritas yang jelas, anda akan “menguasai hal-hal kecil” dan menghabiskan banyak waktu anda untuk melakukan tugas-tugas kecil dan tidak berkaitan yang tidak membantu anda dalam mencapai tujuan.

Dalam organisisasi, anda menentukan apa yang harus dilakukan sebelum hal lain dilakukan. Selalu ada aktivitas dengan leluasa dapat anda lakukan. Apapun yang anda lakukan, lakukanlah mana yang masuk akal.

  1. Identifikasikan rintangan atau keterbatasan yang mungkin menahan anda dalam mencapai tujuan, baik dari situasi maupun dari dalam diri anda. Tanyakan pada diri anda: “Mengapa saya belum juga mencapai tjuan ini?”

Identifikasikan pembatas terpenting yang menahan anda, dan kemudian fokuskan untuk menghilangkan hambatan tersebut. Hal ini dapat berbentuk sejumlah sejumlah uang tertentu atau berbentuk sumber daya inti. Hal itu juga dapat berbentuk ketrampilan tambahan atau kebiasaan yang anda perlukan. Hal itu juga dapat berbentuk informasi tambahan yang anda butuhkan. Hal ini juga dapat bebentuk bantuan dari satu orang atau lebih orang. Apa pun hal itu, identifikasikan dengan jelas dan mulailah bekerja untuk menghilangkannya.

  1. Setelah anda menentukan tujuan anda, kembangkan rencana anda dan identifikasikan hambatan terbesar. Secepatnya ambil tindakan tertentu yang menuju kepada pencapaian tujuan. Melangkahlah dengan keyakinan. Lakukanlah hal yang pertama muncul dalam pikiran anda. Tapi lakukan sesuatu dengan segera untuk memulai proses dari pencapaian tujuan dengan bergerak ke depan.
  1. Lakukanlah sesuatu setiap hari yang membuat anda maju menuju tujuan anda yang terpenting. Buatlah kebiasaan untuk bangun setiap pagi, merencanakan kegiatan anda hari itu dan kemudian lakukan sesuatu, apa pun itu, yang menggerakkan anda setidaknya satu langkah mendekati tujuan anda yang paling penting.

Kebiasaan untuk melakukan sesuatu setiap hari yang menggerakkan anda menuju tujuan terpenting akan mengembangkan kekutan momentum di dalam diri anda. Tindakan setiap hari memperdalam keyakinan anda bahwa tujuan dapat dicapai dan akan mengaktifkan Hukum Daya Tarik. Sebagai hasilnya, Anda mulai bergerak semakin cepat menuju tujuan anda, dan tujuan anda mulai bergerak semakin cepat mendekati anda.

No comments: